Sepiiiiiii

DUA tahun menjalankan bisnis sendiri serba manual dan tanpa rekan kerja ternyata melelahkan. Hal ini membuat saya kehabisan energi. Godaan semangat mulai mengelitik, kondisi hamil anak kedua membuat saya bimbang. Mau jadi IRT atau jadi mompreneur?

Hingga kepikiran untuk tinggalkan aja bisnis ini, namun keyakinan bahwa Kirana Wisata akan bisa besar di Balikpapan masih melekat. Dan mungkin ini juga yang menguji saya, Allah tidak mengijinkan saya jadi pengangguran ya….lha kok ndilalah temen saya yang punya usaha photobox pindah ke Malang dan nawarin take over bisnisnya..nah loh…

Saat itu saya mulai berpikir untuk “selingkuh” dengan Cafephoto Bpp yang akan ditake overkan ke saya. Saya ini loh kok ya gaya banget gitu, belum sukses satu udah berani ambil bisnis lain. Sanggup????

Mulai nih….praktekkan ilmu dari perguruan, saya mulai mendekati si aBANK dan merayunya untuk memberikan kredit modal kerja. Tapi untuk temen-temen yang baru mulai usaha, saya mohon dengan sangat JANGAN ditiru cara ini..mumpung belum hancur usahanya, sebaiknya jangan ya…itu RIBA. Ini hanya sekelumit cerita dari jaman jahiliyah saya….sekali lagi JANGAN DITIRU!!!

Yaaaa….dengan modal itulah akhirnya pikiran saya mendua..Kirana yang “rumahan” dan Cafephoto Bpp yang “nge-mall”.

Daaaannn… suka duka memutar modal tadi bener-bener memeras keringat dan menguras air mata, kayak sinetron aja.

Saat masih di mall, omset banyak disunat sama oknum karyawan, barang dagangan habis tanpa ada hasilnya, ada aja kecelakaan karyawan yang membuat operasional terhambat, software dan hardware jadi sering error. Ampuuuuunnnn kenapa ya, sudah amat mau jadi pengusaha sukses? Mungkin juga usaha saya ini gak barokah…
Saya ga kuat harus bolak-balik dari rumah ke mall untuk cek kerusakan dan cek penjualan tiap hari. Apalagi pas hamil besar.

BACA JUGA  Rayuan Maut

Akhirnya saya dan suami berpikir untuk memindahkannya ke rumah yang akhirnya jadi toko dan kantor……..akhirnya, Cafephoto Bpp dan Kirana Wisata berdamai dalam satu atap. Setelah dua bisnis ini berdamai dalam satu atap…alhamdulillah SEEEEEEPIIIII…..di sini kadang saya merasa sedih!

Omset terjun bebas…tapi kredit modal kerja sama si aBANK alhamdulillah udah lunas. Meski sepi dan omset minim, tapi yang penting ga dikejar-kejar angsuran lagi. Dan bisa tidur nyenyak. Lhaaaa gaji karyawan piye???

Inilah trik seorang ibu, selalu punya lipatan lain di dalam lipatan dompet…saya menyisihkan uang bulanan jatah tabungan untuk subsidi gaji karyawan saya.
Tenaaaaangggg, ini proses….selalu kata-kata itu yang menghibur saya.

Cafephoto Bpp berjalan perlahan tapi pasti naik setelah terbebas dari belenggu si aBANK. Hasil fotonya makin bagus dengan beberapa tambahan amunisi untuk kepuasan pelanggan yang kebanyakan masih muda-muda dan unyu-unyu..

Kirana Wisata masih saya kerjakan dengan hati dan hati-hati karena KIRANA, pasti PAS di hati…..

YosicaFe

Saya Yosica Ferinda, ibu dari 3 putri yang shalihah dan 1 putra yang menanti di pintu surga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.