Tips Membeli Tanah Kavling

tips-membeli-tanah-kavling-yosica-0817534844Kebutuhan masyarakat terhadap hunian saat ini terbilang tinggi, baik itu kegunaannya untuk tempat tinggal maupun investasi. Berbagai pilihan sudah banyak ditawarkan oleh developer maupun agent property dalam bentuk rumah, ruko, apartemen bahkan tanah kavling. Namun sebelum Anda memutuskan membeli sebidang tanah kavling, sebaiknya dibaca beberapa tips berikut :

TIPS MEMBELI TANAH KAVLING

1. Perkembangan lingkungan sangat menentukan

Anda harus pintar melihat perkembangan lingkungan sekitar terutama kiri kanan yang akan menjadi tetangga  nantinya. Ada kavling cepat laku tapi tidak dibangun oleh pemiliknya. Jangan sampai Anda membangun rumah tapi kiri kanan kosong dalam waktu lama, apalagi jaraknya sangat jauh, rumah anda terlihat terpencil sendirian. Ini tentu tidak baik dari segi keamanan, sosial masyarakat dll.

 

2. Tentukan kapan akan dibangun rumah?

contoh; akan dibangun rumah 3 tahun lagi dari membeli tanah kavling
Disini Anda dapat menduga perkembangan lingkungan sekitar 3 tahun mendatang.

 

3. Ketahui asal usul tanah

Jangan beli tanah kavling bekas kuburan, sampah, rumah ibadah karena tidak baik energi positif kata fakar fengsui dan yang baik adalah bekas kebun, sawah. Kalau area tersebut sudah diratakan Anda bisa mencari informasi di Kelurahan atau Kecamatan setempat.

 

4. Pilih kemiringan sekitar tanah yang landai

Pilih yang landai agar mudah membuat saluran dan aliran air. Kalau terlalu datar aliran air tersendat mudah banjir. Kalau terlalu jurang boros dalam meratakan tanah (cat dan fill)

 

5. Ada atau tidak fasilitas penunjang

Sudah tersedia fasilitas penunjang seperti listrik, air bersih, pasar, sekolah, rumah sakit pada daerah setempat. Kalau belum ada, Anda harus yakin sudah ada 3 tahun mendatang karena Anda berencana membangun rumah pada waktu tersebut.

BACA JUGA  Peta Kartu Nama Anda

 

6. Akses jalan sudah tersedia atau belum

Akses jalan selalu menjadi kebutuhan dimanapun tanah kavling akan dibeli. Pilih akses jalan yang dapat melintas dua mobil kiri kanan.

 

7. Antisipasi bahaya sekitar lingkungan

Hindari membeli tanah kavling dekat jalur listrik tengangan tingi, jalur pipa gas, jalur rel kereta, area bandara dan tepi sungai. Antisipasi juga tergusur oleh pembangunan fasilitas

8.Kelengkapan surat-surat (Legalitas)Periksa kelengkapan surat Akte atau Sertifikat

 

 

Semoga bermanfaat @CafeProID

YosicaFe

Saya Yosica Ferinda, ibu dari 3 putri yang shalihah dan 1 putra yang menanti di pintu surga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.