NASEHAT UNTUK PENGUSAHA MUSLIM (1)

bisnis-surga-nerakaBismillah. Berikut ini kami akan sebutkan nasehat dan bimbingan Islam di dlm Al-Quran & As-Sunnah kpd para pengusaha muslim dlm menjalankan bisnis agar mereka tidak melanggar aturan-aturan Allah dan Rasul-Nya. Sehingga mereka diharapkan dapat memperoleh rezki yg halal dan berkah, dan bisa terhindar dari penghasilan yg haram dan terlarang.

UNTAIAN NASEHAT UNTUK PENGUSAHA MUSLIM

1. Hendaknya mempelajari dan memahami fiqih bisnis terlebih dahulu sebelum terjun ke medan bisnis.

Hal ini wajib dilakukan agar ia mampu membedakan antara praktek bisnis yang halal dan yang haram, yang haq dan yang batil, dan bisa selamat dari hal terlarang seperti dusta, menipu dan riba.

» Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu berkata: “Seorang pedagang
apabila tidak mengerti tentang hukum-hukum jual beli, niscaya ia akan terjerumus ke dalam riba, lalu ia terjerumus lagi dan terjerumus lagi, dan seterusnya”.

» Diriwayatkan dari Umar bin Khathab radhiyallahu anhu, bahwa ia mengeluarkan setiap pedagang yang tidak paham tentang fiqih jual beli dari pasar seraya berkata, “Tidak diperkenankan berdagang di pasar-pasar kaum muslimin bagi siapa saja yang tidak memahami hukum riba.”

2. Jadilah Pedagang Yang Jujur.

Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Pedagang yang selalu jujur lagi amanah akan bersama para nabi, orang-orang ang senantiasa jujur, dan orang-orang yang mati syahid.” (HR.At-Tirmidzi)

Bersikap jujur dalam jual beli akan mendatangkan keberkahan dari Allah, sebagaimana sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam: “Dua orang yang melakukan transaksi jual beli mempunyai hak memilih (antara melanjutkan atau membatalkan transaksinya) selama mereka belum berpisah. Jika mereka jujur dan menjelaskan (aib barangnya), niscaya mereka berdua diberi berkah dalam jual belinya. Namun, jika mereka menyembunyikan (aib barangnya) dan berdusta, niscaya berkah jual beli mereka dihapuskan.” (HR.Bukhari & Muslim)

BACA JUGA  Surat dari Kepala Sekolah

 

 

 

Sumber : #Grup Majlis Hadits BB: 538AF185 WA: 082225243444
(*)Blog Dakwah Sunnah, KLIK: Http://abufawaz.wordpress.com

(BERSAMBUNG)

YosicaFe

Saya Yosica Ferinda, ibu dari 3 putri yang shalihah dan 1 putra yang menanti di pintu surga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.